Friday, 14 October 2016

Menikmati Malam di Kampung Turis Jalan Prawirotaman Jogja



VISITJOGJA.NET - Jalan Prawirotaman Yogyakarta memang terkenal sebagai kampung turis karena menjadi tempat singgah dan berkumpulnya para turis asing dari berbagai negara. Tidak mengherankan mengingat di daerah Prawirotaman yang terletak di seputaran Jalan Parangtritis KM 1 ini berdiri banyak hotel, penginapan serta berbagai fasilitas penunjang turis asing seperti pub, money changer, tourist information, serta para tour guide lokal yang cukup mahir berbahasa Inggris.



Mengintip Gemerlap Dunia Malam Jogja di Jalan Prawirotaman



Kampung Turis Jalan Prawirotaman Jogja


Jalan Prawirotaman terbagi menjadi tiga buah jalan, yakni Jalan Prawirotaman 1, Jalan Prawirotaman 2 dan Jalan Prawirotaman 3. Pusat hiburan dan penginapan utama yang cukup ramai dan padat ada di Jalan Prawirotaman 1, disini banyak tempat singgah turis berupa hotel-hotel kecil, art gallery serta berbagai aktifitas bisnis.

Daerah Prawirotaman di saat pagi hingga siang hari merupakan salah satu pusat perdagangan yang sangat ramai, hal ini karena adanya Pasar Prawirotaman yang berada presis di tepi Jalan Parangtritis, setiap pagi para pedagang sayuran dan kebutuhan sehari-hari ramai menjajakan dagangannya kepada para konsumen, yang sengaja datang untuk berburu berbagai kebutuhan dapur atau hanya sekedar membeli hidangan sarapan pagi.

Saat sore hari menjelang senja daerah Prawirotaman yang berada di tepi jalan Parangtritis berubah menjadi pusat kuliner dari pedagang lesehan, sama seperti di beberapa jalan lain di Jogja. Yang paling unik, di depan Cube Hotel saat sore hari berdiri rumah makan dadakan yang menyajikan menu tengkleng kambing, tengkleng ini dijajakan ala kaki lima dan pembeli bisa menikmati seporsi tengkleng dipinggir jalan Parangtritis.

Bergeser sedikit keselatan, dari mulai sore hari sudah berjejer penjual wedang ronde, kemudian disusul oleh mas-mas penjual nasi goreng yang menemani beberapa cafe dan Pub buka hingga dini hari.

Hadirnya Jalan Prawirotaman sebagai pusat hiburan dunia malam di Jogja berbeda dengan apa yang ada di daerah Jalan Magelang, di Jalan Magelang tampaknya masih menjadi tempat hangout favorit bagi anak muda dan para pekerja kantoran di Jogja, sedangkan di Jalan Prawirotaman populasi anak nongkrong lebih didominasi oleh turis asing, entah yang sudah lama menetap di Jogja maupun baru beberapa hari tiba di jogja, sangat jarang ditemukan anak muda nongkrong disini kecuali dia itu tour guide atau sedang menemani klien dari luar negeri.


Menikmati Malam di Kampung Turis Jalan Prawirotaman Jogja


Ada beberapa Pub dan cafe yang selalu ramai di kunjungi turis asing menjelang tengah malam di Jalan Prawirotaman ini, salah satunya yaitu The Beatles Pub, desain eksterior dominasi warna hitam dan putih serta interior ala The Beatles menjadikan bangunan ini mudah dikenali saat malam hari maupun siang hari.

Papan-papan nama toko yang identik dengan beer dan minuman beralkohol menjadi warna tersendiri bagi daerah Prawirotaman, warganya yang sadar wisata dan mau belajar bahasa asing menjadi kekuatan sendiri yang menjadikan Prawirotaman sebagai salah satu lokasi unik yang layak di kunjungi untuk menikmati gemerlap dunia malam di Jogja.




5 Kegiatan Seru di Seminyak dan Hotel Terbaik di Bali yang Bisa Menjadi Pilihan Tempat Menginap


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

VisitJogja.net- Jogja One Stop Travel Guide


2 comments


EmoticonEmoticon